Kumpulan Berbagai Contoh Seputar Bahasa Sunda

Contoh Surat Resmi Bahasa Sunda Tentang Kerja Bakti Atau Gotong Royong

by Kustian , at February 15, 2018 , have 0 komentar

Kegiatan kerja bakti atau gotong royong memang merupakan suatu kegiatan atau hal yang positif dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu dilingkungan disekolah ataupun tempat tinggal kita, agar terciptanya lingkungan yang bersih dan juga sehat.

Kegiatan gotong royong bisa bermacam-macam seperti misalnya kerja bakti dalam hal untuk membersihkan lingkungan, memperbaiki sarana dan pra sarana, membantu orang, dan lain sebagainya, intinya adalah untuk mewujudkan kenyamanan bersama.

Sisi positif dari kegiatan gotong royong ini selain untuk menumbuhkan rasa sosialitas, juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kenyamanan bersama, sekaligus untuk menjalin silaturahmi antar sesama.

Contoh Surat Resmi Bahasa Sunda Tentang Undangan Kerja Bakti Atau Gotong Royong
sosialitasi gotong royong
Dalam membuat surat resmi dengan menggunakan bahasa sunda untuk keperluan undangan kegiatan gotong royong atau kerja bakti, tentu saja kita harus menggunakan kata-kata yang sopan, halus, agar mendapatkan respon yang positif ditengah masyarakat ataupun siswa nantinya.

Yang perlu diperhatikan dalam membuat surat resmi yaitu, menulis salam pembuka yang sopan, kemudian membuat isi surat dengan ajakan yang sopan pula, agar tepat sasaran dan tidak ada unsur atau berkesan memaksa agar mendapatkan respon yang positif. Nah lalu seperti apa contoh suratnya?

Pada contoh undangan surat resmi bahasa sunda tentang kerja bakti atau gotong royong kali ini, sebenarnya lebih kepada hal atau ajakan untuk "membersihkan lingkungan" baik itu sekitaran lingkungan sekolah, ataupun lingkungan daerah tempat tinggal kita, jadi silahkan tinggal disesuaikan saja nanti isi suratnya.

Contoh Undangan Resmi Bahasa Sunda Tentang Kerja Bakti Atau Gotong Royong



Dibawah ini saya siapkan 2 buah contoh surat resmi bahasa sunda tentang kerja bakti atau gotong royong di sekolah dan lingkungan masyarakat, sekedar untuk bahan referensi serta untuk mempermudah dalam pemilihan kata-kata dalam membuat surat resmi dalam bahasa sunda nantinya.

1. Surat Resmi Tentang Kerja Bakti Di Lingkungan Sekolah Bahasa Sunda

Contoh surat resmi yang pertama ini untuk undangan kerja bakti di sekolah, dengan tema gotong royong dalam hal atau ajakan undangan untuk membersihkan lingkungan serta lapangan yang ada dibelakang disekolah.


(KOP SURAT)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SMPN..
Jn. Sukaraja Pemda Cibinong, Kota Bogor
TLP: (021)...


Bogor, 08 Januari 2019
Nomor    : --
Prihal    : Kerja Bakti, Ngabersihkeun Lapangan Sakola
Kahatur   : Siswa/Siswi

Assalamualaikum wr, wb
Dina raraga ngajagi kabersihan, kaendahan sarta kasehatan disakitaran lingkungan sakola "SD/SMP ...",

Salaku pihak sakola bade ngayakeun kagiatan gotong royong (kerja bakti) pikeun ngabersihkeun lingkungan sakitaran sakolaan, terutami dilapangan tukang sakolaan anu tos bala ku jujukutan. Kagiatan kerja bakti ieu bade dilaksanakeun dina:

Dinten/Ping :
Tabuh          :
Tempat        :

Kanggo sadaya siswa/siswi khususna kelas... Dihareupkeun tiasa ngiringan dina kagiatan gotong royong kanggo ngaronjatkeun rasa paduli kana lingkungan sakolaan.
Wassalamualaikum wr, wb.

Hormat abdi,

TTD

(Contoh gambarnya, Klik Untuk Memperbesar)

Surat Resmi Tenang Kerja Bakti Di Lingkungan Sekolah Bahasa Sunda


2. Surat Resmi Undangan Kerja Bakti Di Lingkungan Masyarakat

Contoh surat resmi yang kedua ini untuk acara kerja bakti dalam acara gotong royong seperti misalnya untuk membersihkan area disekitaran lingkungan tempat tinggal masyarakat.




RUKUN TETANGGA RT 07/10 PERUMAHAN GRIYA ALAM SENTOSA
DESA PASIR ANGIN, KEC CILEUNGSI
KABUPATEN BOGOR - 16820


Bogor, 07 Januari 2019
Nomor    :
Prihal     : Kerja Bakti
Kahatur :
Sadaya Wargi RT07/10 DI Perumahan Griya

Assalamualaikum wr, wb
Kalayan hormat, Ngemut kana pentingna ngajagi kabersihan terutami khususna wargi di lingkungan RT 01/02 kp. ...

Ku margi eta, simkuring salaku pangurus RT bade nguleman ka sadaya bapa sareng barudak ngora sakantenan, supados tiasa ngiringan acara kerja bakti supados lingkungan urang janten bersih sarta merenah, anu insya allah bade dilaksanakeun dina :

Dinten/Ping :
Wanci           :
Tempat        :

Simkuring salaku pangurus RT mihareup kana kasumpingan wargi sadaya dina waktos sareng tempat anu parantos disebatkeun diluhur, sarta wargi dihareupkeun nyandak alat perkakas sewang-sewangan sa'ayana.

Mung sakitu serat uleman ieu tiasa kahaturkeun, mugia sumanget kakaluargaan dina ngajagi kabersihan lingkungan urang sarerea tiasa kalaksanakeun, hatur nuhun kana perhatosanana, wassalamualaikum wr.wb

Hormat abdi,

TTD

(Contoh Gambarnya, Klik Untuk Memperbesar))

Surat Resmi Undangan Kerja Bakti Di Lingkungan Masyarakat


Demikian contoh undangan resmi bahasa sunda tentang kerja bakti atau gotong royong, semoga bermanfaat. Contoh surat resmi diatas hanya sekedar untuk bahan referensi saja, jadi silahkan diubah atau disesuaikan sebaik mungkin, jika ingin digunakan. Hatur nuhun..




Ngahaturan, wilujeung ngajalankeun ibadah shaum dina sasih ramadhan ka sadayana nu shaum! Ka anu teu shaum? Nya wilujeung ogé lah.. *bari gagaro teu puguh* :D
Contoh Surat Resmi Bahasa Sunda Tentang Kerja Bakti Atau Gotong Royong
Contoh Surat Resmi Bahasa Sunda Tentang Kerja Bakti Atau Gotong Royong - Written by Kustian , Published at February 15, 2018, Categorized as Surat bahasa sunda

No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2018 Basasunda.com
Daftar isi | About | Contact | Privacy | Powered by Blogger