Home » » Percakapan Bahasa Sunda 2 Orang Siswa Tentang Mengerjakan PR!

Percakapan Bahasa Sunda 2 Orang Siswa Tentang Mengerjakan PR!

Ditulis ku: Kustian | Monday, March 19, 2018

Bagikeun Ka :


Dalam contoh percakapan bahasa sunda 2 orang ini dilakukan dengan teman sebangku, paguneman atau percakapan ini merupakan jenis percakapan yang tidak resmi, jadi sebenarnya kita juga bebas menggunakan kata atau bahasa sehari-hari.

Namun meskipun demikian, dalam tugas bahasa sunda disekolah kita terkadang dituntut untuk dapat berbicara atau menggunakan tutur bahasa sunda dengan sopan, meskipun itu saat berbicara dengan teman sendiri.


Dalam sebuah tugas percakapan, memang kita perlu memperhatikan tutur bahasa serta pemilihan kata-kata yang cocok atau sesuai dalam membuat sebuah percakapan ini, seperti dalam contoh percakapan bahasa sunda untuk 2 orang tentang PR ini misalnya.

Tips: Intonasi suara serta penjiwaan dalam membawakan percakapan memang perlu untuk kita perhatikan, seperti dalam penekanan keras lembutnya suara kita, agar percakapan ini terdengar lebih sopan dan enak untuk disaksikan.

Memang dalam percakapan sehari-hari dengan teman, umumnya kita menggunakan ragam bahasa yang tidak begitu halus atau bahkan mungkin kasar. Tapi, untuk tugas sekolah ini sebaiknya kita membuat sebuah percakapan dalam bahasa sunda dengan menggunakan ragam bahasa yang sopan.

Jadi, kita perlu dalam pemilihan bahasanya agar sesuai dan enak didengarkan oleh orang lain, seperti pada contoh percakapan bahasa sunda 2 orang tentang mengerjakan pr disekolah ini misalnya, yang didalamnya akan menggunakan tutur bahasa yang bisa dibilang lebih sopan.

Percakapan Bahasa Sunda 2 Orang Siswa Tentang Mengerjakan PR!


Percakapan bahasa sunda 2 orang siswa tentang mengerjakan pr!

Dan berikut dibawah ini adalah contoh percakapan bahasa sunda dua orang siswa tentang mengerjakan pr dengan teman sebangkunya disekolah. Ceritanya di dalam kelas, ada dua orang siswi yang sedang melakukan percakapan saat itu mereka lupa bahwa belum mengerjakan PR bahasa sundanya.

Padahal kebetulan, besok ada pelajaranya disekolah, kemudian kedua orang siswi ini berencana untuk mengerjakan PR atau pekerjaan rumahnya bersama-sama usai sepulang sekolah nanti. Dan berikut percakapan dua siswi tersebut selengkapnya..


MIDAMEL PR BAHASA SUNDA SASARENGAN

Ayu: "Mar, dinten énjing pan aya PR basa sunda disakolaan, kumaha atos didamelan teu acan?"

Mari: "PR..? PR anu mana yu, émang halaman sabaraha PR-na téh?"

Ayu: "Éta anu halaman 12 téa, maenya hilap mar? Kumaha atos didamelan teu acan PR-na téh?"

Mari: "Aih enya! Abdi hilap euy.. Muhun sami yu, abdi ogé teu acan midamelan PR-na euy."

Ayu: "Aduh kumaha ieu téh? Mangkaningan énjing aya pangajarana deuih disakolaan?"

Mari: "Nya.. Leres, jabi ogé abdi tacan ngartos da hésé pisan PR-na téh, kumaha atuh nya?"

Ayu: "Kie wéh atuh, engkin siang sa'atos uwih sakola, urang midamel PR éta sasarengan di bumi abdi, kumaha mar?"

Mari: "Nah, hayu! Tapi engkin rada sontenan wae nya, abdi aya kaperyogian saurna kedah beberes dibumi heula, sareng emam, ganti acuk heula panginten nya?"

Ayu: "Nya atuh mun kitu mah, kumaha lamun tabuh setengah tilu ngadamel PR-na, tiasa teu?

Mari: "Nya, Tiasa."

Ayu: "Muhun atuh.."

Mari: "Engkin siapkeun waé cemilana, pokona mah kaluarkeun kabeh sadayana nu aya dibumi, ulah isin-isin?.. Hehee!

Ayu: " Hehee.. Euy bisa waé, beres deuh pokona mah.. Hehee!"

Mari: "Nya, dugi tiasa patepang deui engkin énjing yu.."

Ayu: "Nya.."

Baca oge:
Paguneman 4 orang tentang midamel PR bahasa inggris

Demikian contoh percakapan bahasa sunda 2 orang tentang pr semoga dapat bermanfaat, baik itu sebagai bahan referensi untuk tugas bahasa sunda disekolah atau lainnya. Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan kata-kata diatas. Hatur nuhun..

Share:

Facebook Google+ Twitter
Hatur nuhun parantos nyempetkeun waktos kanggo maos Paguneman Percakapan tina judul Percakapan Bahasa Sunda 2 Orang Siswa Tentang Mengerjakan PR! Hatur Nuhun..

Mangga pasihan koméntar, kritik, sareng saran kanggo artikelna (koméntar panginten badé ditingali heula, sateuacan di tampilkeun).