Kumpulan Berbagai Contoh Seputar Bahasa Sunda

Tips Menceritakan Riwayat Hidup Untuk Siswa SMP Bahasa Sunda + Video

by Kustian , at March 13, 2018 , have 0 komentar

Riwayat hidup merupakan tulisan mengenai tentang biodata atau identitas diri seseorang sacara spesifik atau khusus. Dalam riwayat hidup, tulisan mengenai identitas seseorang tidak di lebih-lebihkan untuk menguatkan identitas seseorang yang ditulis.

 Contoh Tugas Menceritakan Riwayat Hidup Siswa SMP Bahasa Sunda Lengkap Dengan Videonya

Contoh misalnya, tidak menambahkan keterangan-keterangan lain seperti pengalaman, ataupun pemikiran lain seperti layaknya autobiografi ataupun biografi. Dalam penulisan riwayat hidup biasanya dituliskan hanya pada selembar atau dua lembar kertas saja, karena riwat hidup ini tidak memerlukan keterangan lain yang banyak.

Seperti misalnya ketika kita kelak melamar pekerjaan, yang harus dilampirkan yaitu riwayat hidup, bukannya biografi ataupun otobiografi. Sehingga pada umumnya hal-hal yang ditulis dalam riwayat hidup diataranya adalah :

1. Nama
2. Temat dan tanggal lahir
3. Pekerjaan
4. Nama ibu dan ayah
5. Alamat lengkap
6. Jenis kelamin
7. Agama
8. Riwayat sekolah
9. Riwayat pekerjaan
10. Prestasi.

Oh ya, karna ada juga beberapa perusahaan khususnya dikota bandung yang mengharuskan menggunakan bahasa sunda dalam membuat daftar riwayat hidupnya.

Nah, dibawah ini merupakan contoh penulisan daftar riwayat hidup untuk lamaran pekerjaan yang dituliskan kedalam bentuk bahasa sunda.

Daptar Riwayat Hidup


I. Data Pribadi Abdi

Nami Wasta : Yulianti ramadan
Tempat sareng tgl lahir : Bandung, ping 04 februari 1984
Alamat : Jl. angkasa No.07 Bandung
Jenis kelamin : Istri
Agama : Islam
Status : Teu acan nikah
Telp/Hanphone : 0852 xxx

II. Riwayat Atikan Abdi

Atikan formal:

1. 1991-1997 SDN 5 Bandung
2. 1997-2000 SMPN 3 Bandung
3. 2000-2003 SMK 5 Bandung Jurusan Mesin
4. 2003-2007 S1 IPB jurusan pertanian bandung

Atikan non formal:

1. 2008-2010 : Kursus bahasa inggris
2. 2010-2012 : kursus komputer

III. Riwayat Padamelan Abdi

• PT ANGKASA INDONESIA
• Operator koperasi unit desa
• Apotik salaku marketing

IV. Katerampilan Abdi

1. Tiasa bahasa inggris
2. Téknik komputer sareng jaringan internét
3.

Sareung serat ieu simabdi ngedalkeun saestuna sadaya anu ditulis dina daptar riwayat hirup diluhur, éta leres ayana sareng kanyataana.

Bandung 11, februari 2018
Yulianti ramadhan

Dari segi penampilan, penulisan riwayat hidup ini sebenarnya tidak mempunyai bentuk yang standar. Jadi, misalnya ketika kita membuat tulisan riwayat hidup untuk tugas sekolah sendiri, kita tidak usah mencantumkan riwayat pekerjaan ataupun yang lainnya yang belum kita capai.

Cara Menceritakan Riwayat Hidup (Biodata Diri) Dalam Bahasa Sunda



Agar lebih mudah memahaminya, berikut ini sekalian saya juga berikan contoh bagaimana cara menceritakan tentang riwayat hidup atau biodata pribadi kita dengan menggunakan bahasa sunda lengkap beserta dengan videonya.

Langsung saja, berikut contoh tentang riwayat hidup atau biodata diri yang dipraktekan oleh siswi sekolah menengah tingkat pertama (smp), sebagai bahan referensi untuk tugas praktek dalam menceritakan riwayat hidup.

Menceritakan Riwayat Hidup Siswa Smp

Video oleh Dinda E.



Video oleh Alisa N.



Teks :

Assalamualaikum Wr. Wb..

Tepangkeun nami abdi wasta pun ___, di babarkeun di___, Kaping ___, ti pasangan bapa___ sareung ibu ___. Abdi putra/putri ka___  tina___ sadérék.

Padamukan abdi ayeuna di___, rt/rw___, desa___, kacamatan___, kabupaten___, kode pos___.

Pangalaman nyuprih élmu kawitan, abdi lebet sakola taun___ ka SDN___, lulus taun___, ti dinya abdi neraskeun sakola ka SMPN___, Sarta kiwari kacatut salaku janten murid kelas___, di éta sakola.

Wassalamualaikum Wr. Wb..


Demikian artikel sekilas mengenai pengertian singkat dan juga penjelasan tentang riwayat hidup beserta cara menceritakan riwayat hidup dengan menggunakan bahasa sunda, semoga dapat bermanfaat.

Kesimpulanya, dalam menulis maupun menceritakan tentang riwayat hidup atau biodata diri ini, dapat dibuat secara lebih spesifik atau khusus jadi jangan di lebih-lebihkan untuk menguatkan identitas seseorang, karena tidak memerlukan keterangan lain yang banyak.




Ngahaturan, wilujeung ngajalankeun ibadah shaum dina sasih ramadhan ka sadayana nu shaum! Ka anu teu shaum? Nya wilujeung ogé lah.. *bari gagaro teu puguh* :D
Tips Menceritakan Riwayat Hidup Untuk Siswa SMP Bahasa Sunda + Video
Tips Menceritakan Riwayat Hidup Untuk Siswa SMP Bahasa Sunda + Video - Written by Kustian , Published at March 13, 2018, Categorized as Autobiografi , Biodata biografi sunda , Riwayat hidup

No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Copyright ©2018 Basasunda.com
Daftar isi | About | Contact | Privacy | Powered by Blogger